Fisika Dasar ELASTISITAS

Elastisitas adalah : Kecenderungan pada suatu benda untuk berubah dalam bentuk baik panjang, lebar maupun tingginya, tetapi massanya tetap, hal itu disebabkan oleh gaya-gaya yang menekan atau menariknya, pada saat gaya ditiadakan bentuk kembali seperti semula.

 Ciri-ciri benda elastis dan tak elastis
 Contoh benda elastis ; pegas, karet, tak elastis ; kayu, tanah, plastisin
 Sifat elastisitas dari bahan ; jika gaya yang diberikan pada bahan dihilangkan maka akan kembali ke bentuk semula
 Batas elastisitas dari bahan ; jika gaya yang diberikan pada bahan terlalu besar maka tidak akan kembali ke bentuk semula
 Daerah elastis dan daerah tak elastis ( plastik )
 Manfaat sifat elastisitas pada kehidupan ; terutama pada bidang bangunan (arsitek), jika penggunaan bahan tidak tepat atau batas elastisitasnya rendah akan membahayakan struktur bangunan, kabel-kabel penopang pada jembatan-jembatan besar memiliki batas elastisitas yang cukup besar sehingga mampu menahan beban dan goncangan

Besaran-Besaran dalam Elastisitas

a. Tegangan (stress)
Tegangan adalah besarnya gaya yang bekerja pada permukaan benda persatuan luas. Tegangan dalam elastisitas dirumuskan:

rumus elastisitas tegangan\ =\frac{gaya}{satuan\ luas}\ atau\ \sigma =\frac{F}{A}
Tegangan sama seperti tekanan, ia memiliki satuan Pascal (Pa) atau N/m2

b. Regangan (strain)
Regangandalam elastisitas adalah pertambahan panjang yang terjadi pada suatu benda karena pengaruh gaya luar per panjang mula-mula benda tersebut sebelum gaya luar bekerja padanya. Regangan dirumuskan:

regangan\ =\frac{\Delta \ pajang}{panjang\ awal}\ atau\ e =\frac{\Delta l}{l_{o}}
Karena regangan adalah perbandingan dari dua besaran yang sejenis maka ia hanya seperti koefisien (tanpa punya satuan)

c. Mampatan
Mampatan hampir sama seperti regangan. Bedanya, regangan terjadi karena gaya tarik yang mendorong molekul benda terdorong keluar sedangkan mampatan karena gaya yang membuat molekul benda masuk ke dalam (memampat).

d. Modulus Elastis (Modulus Young)
Definisi dari modulus young adalah perbandingan antara tegangan dengan regangan. Di rumuskan

Modulus\ Elastis\ =\frac{tegangan}{regangan}\ atau\ E =\frac{\sigma}{e}

jika kita menguraikan rumus tegangan dan regangan di dapat persamaan

E=\frac{\sigma }{e}=\frac{\frac{F}{A}}{\frac{\Delta l}{l_{o}}}=\frac{F.l_{o}}{A.\Delta l}

 

ketawa yukk,.

 

Karena jamur beracun

A : apa benar kamu udah menikah tiga kali, dan semua istrimu meninggal?

B : ya, memang betulimages

A : apa yang terjadi dengan istrimu yang pertama?

B : istri saya meninggal karena makan jamur beracun.

A : lalu istri keduamu?

B : istri kedua juga meninggal karena makan jamur beracun.

A : terus yang ketiga pasti karena makan jamur beracun juga, iya kan?

B : sok tau lu, istri ketiga saya meninggal karena tulang tengkoraknya retak.

A :loh kenapa?

B : dia menolak makan jamur beracun…..

Weww… weww… weww…….

 

 

   Beberapa penyakit cewek

  1. Nangisuitis.

Penyakit ini timbul akibat terlalu sensitif. Gejalanya bibir cemberut, mata berkedip dan sedikit berkaca-kaca. Efek sampingnya mata bengkak, saputangan banjir, hidung meler, dan lebih suka menyendiri. Penyakit ini dapat diredakan dengan obat Tegaridol atau OBH (Obat Berhati Hamba).

  1. Cemburubotamy.Gambar Kartun Cewek Cantik 3

Gejala penyakit ini terlihat pada muka yang melonjong, tangan mengepal, dan alis menukik tajam. Efek samping bisa timbul pertengkaran dengan pasangan. Pencegahan dapat di coba dengan sirup prasangka baik 3 sendok sehari, pil pengertian dan 2 tablet selidiki 4 kali sehari.

  1. Ngambekilation

Gejala hampir mirip engan cemburubotamy. Suka diam namunjika di tegur baik-baik bisa marah gak jelas. Penyakit ini bisa anda coba atasi dengan minum sirup sabaron dan tablet bersyukurinis.

  1. Shopping syndrome

Gejalanya pengen jalan ke mall atau pusat perbelanjaan mulu dan mata melotot, mulut menganga dan lidah ngiler. Efek sampingnya, dompet tipis. Jika sudah memasuki stadium 4 dompet cowok juga bisa ikutan tipis. Penderita dianjurkan untuk menkonsumsi Hematcold dan tablet PD (Pengendalian Diri).

 

Itu hanya beberapa dari penyakit wanita, jika timbul gejala- gejala seperti itu, silakan coba atasi dengan segera dengan resep yang disarankan, tapi menurut saya kalian harus mencegah timbulnya menyakit itu, krena mencegah lebih baik dari pada mengobati. Selamat mencoba!!!

 

 

Tidak boleh

Seorang  ibu bertanya pada anaknya yang berusia 9 tahun.sincan

“kalo kamu udah besar mau jadi apa nak?”

Dengan semangat sianak menjawab,”aku mau jadi polwan bu”.

Dengan tegas ibunya menjawab,”Tidak Boleh!”

Si anak merasa heranlalu menganti jawabannya,”kalau tidak boleh aku mau jadi pragawati saja bu”.

Sekali lagi ibunya menjawab dengan kesal,” tidak boleh sayang! Apa-apaan kamu ini masak mau jadi pragawati”

Si anak mulai takut, lalu menjawab dengan gemetar,” kenapa semua tidak boleh? Apa Cuma boleh jadi ibu rumah tangga saja?”

Si ibu sekarang tidak marah lagi. Namun, ia memeluk anaknya dan berkata sambil menangis, “ karena kamu laki-laki Bambang!!!!!!!!!!”

 

 

 

cermin diri

oleh Putri Arinda Y. A

begitu elok kulihat rupamu

begitu elok kudengar tuturmu

tapi sayang tak seelok nuranimu

ibarat bunga kau adalah mawar yang cantik, harum, dan mempesona

tapi di balik kesempurnaan itu mawar memiliki duri yang tak segan melukai.

ibarat senjata kau adalah pedang emas bermata dua.

dan ibarat boneka kau adalah boneka chaki yang menggemaskan tapi penuh dengan misteri.

dalm cermin

kutatap wajah buram itu

penuh luka dan penuh duka

takkan engkau merasa malu

kaca saja tak mau jadi bayanganmu.

keakraban di ujung perpisahan

0leh Putri Arinda Y.A

jarum jam tak mungkin berjalan mundur

kalender juga tak mungkin dihitung mundur

begitu juga dengan kebersamaan kita

roda kehidupan berputar begitu cepat

mungkin banyak keegoan ku yang menyayatmu

tapi kau biarkan berlalu

kini aku mulai merasa sepi

tak lagi kudengar suara berisik di telingaku

tak lagi kurasa celekitanmu

yang ada hanya rasa rindu terbesit di benakku

 

 

Cerpen berdasarkan pengalaman orang lain.

FACEBOOK

Putri Arinda Y .A

Tinggg….!!!! tinggg….!!!! Suara nyaring dari bel pulang sudah terdengar, siswa pun langsung bersiap untuk pulang dan beristirahat. Tapi tidak dengan empat sekawan yang masih duduk di bangku kelas XI ini, seperti biasa mereka langsung menuju kantin bik Surti. Aroma makanan dari kantin sudah menanti kedatangan mereka berempat.

“Selamat siang bik!” sapa Dita dengan ramah. “ya neng, selamat siang. Ngomong-ngomong mau pesan apa neng.,??”, “ah bibik kayak nggak tahu aja, seperti biasa bik !! empat porsi mi instan dan jus jeruk!” jawab Ayi. “ohh oke-oke, sebentar ya!!”. Itulah mereka Nana, Vivi , Ayi, dan Dita, empat sekawan yang hampir tiap hari menjadi pelanggan setia di kantin bik Surti. Sembari menunggu pesanan, mereka pasti mengobrol tentang artis-artis korea yang sedang populer saat ini. Namun kali ini ber Baca lebih lanjut